Selasa, 07 Februari 2017

Penyakit Cacar Air

Penyakit Cacar Air

Penyakit Cacar Air - Cacar air adalah jenis penyakit menular yang menyerang kulit. Varicella, chickenpox merupakan nama lain dari penyakit ini. Cacar air disebabkan oleh virus VZV atau varicella-zoster yang dapat menyebabkan kulit melepuh seperti munculnya ruam, gatal, demam, dan badan terasa lemas. Penyakit ini bisa lebih serius, terlebih jika terjadi pada bayi, orang dewasa serta orang yang memiliki sistem imun yang lemah.

Penyakit cacar air mudah menular menginfeksi manusia yang sebelumnya belum pernah mengalami cacar air atau menerima vaksin cacar. Penyebarannya bisa melalui udara yaitu ketika seseorang batuk atau bersin serta dapat dengan mudah cacar menyebar ketika bersentuhan langsung atau menghirup partikel virus yang bersumber dari lecet cacar.

Cara yang tepat untuk menghambat cacar air adalah dengan mendapatkan vaksin imunisasi cacar. Sebelum adanya vaksin, di Amerika Serikat cacar air setiap tahunnya menyerang sekitar 4 juta orang, dan sekitar 10.600 orang mendapatkan perawatan di rumah sakit serta 100 hingga 150 orang meninggal setiap tahun akibat dari cacar.

Tanda-tanda gejala penyakit cacar air
Seseorang yang sebelumnya tidak pernah menderita cacar air atau belum menerima vaksin cacar dapat dengan mudah tertular oleh penyakit cacar air ini. Cacar air bisa berlangsung sekitar 5 hingga 10 hari.

Gejala klasik cacar merupakan ruam yang menjadi gatal dan lepuh yang berisikan cairan yang nantinya berakhir menjadi koreng, ruam bisa menyebar dimana saja hampir diseluruh tubuh.
Gejala khas yang akan mungkin terjadi pada hari pertama dan kedua sebelum adanya ruam yaitu kelelahan, demam tinggi, kehilangan nafsu makan, serta sakit kepala.

Penularan penyakit cacar air
Cacar air adalah penyakit yang menular dan disebabkan oleh virus vericella-zoster. Virus tersebut menyebar atau menular dengan mudah dari penderita cacar kepada orang lain yang sebelumnya tidak pernah mengalami cacar atau menerima vaksin cacar. Virus menyebar melalui udara, dengan perantara bersin dan batuk. Bisa juga penyebarannya dengan bersentuhan atau menghirup partikel virus yang bersumber dari luka cacar di kulit.

Umumnya sebagian besar orang, sudah mendapatkan cacar tidak akan kembali mendapatkannya. Tetapi, bagi sebagian orang, mereka dapat cacar air lebih dari sekali, walaupun hal ini tidak umum.

Pencegahan penyakit cacar air
Dengan mendapatkan vaksin imunisasi cacar, seseorang bisa terhindar dari penyakit ini, tetapi bukan tidak mungkin seseorang yang telah menerima vaksin dapat terkena penyakit ini, karena pada dasarnya hanya sistem kekebalan tubuh yang menentukan. Namun umumnya jika seseorang telah menerima vaksin tersebut akan terbantu terhindar dari penyakit cacar air dan hampir semua kasus penyakit parah lainnya. 

Pengobatan penyakit cacar air
 
Jika anda segera menemui dokter, anda akan diberi obat gatal, penurun demam bahkan antivirus jika dibutuhkan,  dan antibiotik apabila adanya infeksi sekunder. Sedangkan hal yang dapat anda lakukan di rumah, antara lain:
  • Mandi dengan sabun yang lembut seperti sabun bayi cair
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Perbanyak minum air putih.
Nah, Itulah beberapa hal tentang penyakit cacar air, sebetulnya bisa saja anda terbebas dari serangan virus penyakit ini yaitu dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh anda dengan menjaga kondisi tubuh, kesehatan serta kebersihannya. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Post by: Sehat Nusantara

Penyakit Cacar Air

0 komentar:

Posting Komentar