Jumat, 14 April 2017

Khasiat Labu Siam Bagi Kesehatan

Khasiat Labu Siam Bagi Kesehatan

Khasiat Labu Siam Bagi Kesehatan - Walaupun terlihat seperti buah, labu siam termasuk ke dalam golongan sayur. Kandungan air yang cukup tinggi pada labu siam, menjadikan sayuran ini mempunyai rasa yang sangat segar. Itulah kenapa banyak orang yang sangat menyukai aneka olahan dengan bahan utama sayuran ini. Ternyata, dibalik kenikmatan rasa masakan labu siam, ada banyak kandungan gizi yang masih belum diketahui oleh orang-orang.

Beberapa kandungan gizi labu siam yaitu: asam folat, vitamin C, serat, protein, karbohidrat, kalium, vitamin K, kalsium, zat besi, dan fosfor. Kandungan gizi yang tergolong cukup banyak ini, maka tak heran jika labu siam diyakini mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti labu-labu lainnya, labu siam adalah sayuran yang mengandung kalori rendah. Labu siam hanya mengandung 16 kalori didalam setiap 100 gram-nya. Bukan hanya itu, labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Labu siam mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga, dari faktor-faktor itulah yang membuat labu siam menjadi bahan makanan yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan.
  • Mencegah Bayi Lahir Cacat

Labu siam juga mempunyai kandungan B complex yakni Folat yang cukup baik. Kandungan folatnya yaitu 93µg dalam 100 g labu siam atau setara dengan 23 persen dari kebutuhan folat yang disarankan. Folat juga sangat diperlukan pada proses pembelahan sel, sehingga pada ibu hamil folat membantu pertumbuhan janin dan menjauhkan bayi dari cacat saraf.
  • Membantu Menurunkan Kolesterol

Labu siam tidak mempunyai kandungan lemak jenuh, dan bahkan untuk kandungan kalorinya saja hanya sangat sedikit. Menurut faktor tersebut, labu siam bisa digunakan sebagai pengendali tingkat kolesterol yang tinggi dan sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.
  • Mencegah Penyakit Kanker

Didalam labu siam, ada kandungan antioksidan yaitu apigenin dan luteolin. Kedua jenis antioksidan ini berkhasiat untuk melawan serta membersihkan radikal bebas penyebab kanker yang terdapat didalam tubuh.
  • Mencegah Penuaan Dini

Labu siam adalah sayuran yang diperkaya oleh kandungan flavonoid yang cukup baik. Kandungan tersebut bisa membantu tubuh dalam melawan zat berbahaya seperti ROS (Reactive Oxygen Species) yaitu zat yang merupakan turunan dari oksigen tapi bersifat reaktif sehingga dapat membahayakan tubuh, dan radikal-radikal bebas penyebab penuaan dini serta penyakit berbahaya lainnya.

Post by : Sehat Nusantara

Khasiat Labu Siam Bagi Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar